Sabtu, 16 Januari 2016

Reply 1988 Korean Drama: Cinta Pertama, Keluarga dan Persahabatan


Apa yang kalian ingat dari tahun 1980-an? Fashion? Televisi yang hitam putih? atau walkman yang masih produk baru? Kalo gua sih ditahun 1980-an masih belom ada wahahaha

Reply Series kembali mengeluarkan series terbarunya yang sabtu kemarin baru aja tamat, yeah gua sengaja mau nonton mpe tamat baru gua review karna kalo belom tamat ngapain gua review hahahaha. Oke, dari beberapa sumber yang gua baca, rating Reply 1988 merupakan rating tertinggi yang pernah dicpai oleh Reply Series yang mana ratingnya menembus angka 18%, sebuah rating yang sangat tinggi untuk tv kabel. 

Sebagai catatan, di Korea Selatan sana rating drama yang biasanya diperoleh tv kabel hanya sekitaran 2% karna tv kabel berbeda dengan Tv nasional. TvN yang merupakan pihak yang menyiarkan Reply 1988 adalah tv berbayar, disana rating 18% memiliki arti jika hampir separuh warga Korea Selatan menonton drama ini, Daebak!!. 


                                                        gambar

"Reply 1988 adalah drama yang menceritakan tentang cinta pertama, cinta keluarga dan persahabatan, cerita dimulai disebuah gang kecil yaitu Ssangmun-Dong, Dobong Distrik, Seoul bagian Utara. Sung Deok-Sun (Hyeri), Jung Hwan (Ryu Jun Yeol), Choi Taek (Park Gobum), Sung Sun-Woo (Go Kyung Po) dan Ryu Dong Ryong (Lee Dong Hwi) menjalin persahabatan sejak kecil. Namun, bukan hanya yang mereka berlima yang akrab, kelima keluarga mereka juga akrab satu sama lain. Hampir setiap malam keempat keluarga (kecuali Teak, ia hanya memiliki seorang ayah) saling bertukar lauk makan malam, keempat keluarga yang lain bahkan sengaja memberikan lauk pada keluarga Teak karna ayah Teak tidak begitu jago masak. 

Drama ini menceritakan tentang masalah yang dihadapi oleh setiap tokoh, bukan hanya masalah cinta, namun masalah yang ada diantara tokoh pun dibahas dengan detail dan mampu menghangatkan hati para penonton. Berbeda dengan Reply Series lainnya, di Reply 1988, kita sudah melihat siapa suami dari Deok Sun, namun tetap tidak diberitahu siapa namanya. Permainan pencarian suami tokoh utama ala Reply kembali menghiasi Reply 1988, namun setidaknya kita sudah tahu siapa sang suami dari petunjuk yang berikan." 

Ini adalah Series Reply pertama yang gua tonton karna ga tau kenapa gua ga pernah tertarik buat nonton Series Reply, tapi gua harus bilang kalo gua jatuh cinta sama drama ini walaupun gua cukup kecewa sama klimaks dari drama ini. Tapi menurut gua yang menarik untuk gua bahas tentu tentang cinta pertama, karna salah satu ciri khas Series Reply ini terletak pada cinta pertama tokoh utama. 

Yang gua suka dari drama ini adalah, drama ini ga cuma nunjukkin tentang cinta antar tokoh tapi juga cinta dalam keluarga yang mana bener-bener detail dan kadang bikin gua mengharu biru, tapi juga cinta pada sahabat sendiri. Selain itu, kita juga diajak untuk menebak siapa suami dari Deok Sun diantara keempat sahabatnya. 

Yang menarik adalah love line antar tokoh yaitu, Sunwoo dan Bora (kakaknya Deok Sun yang diperankan oleh Ryu Hye Young), Jung Hwan dan Deok Sun dan Deuk Sun dan Teak (main couple). walaupun gua patah hati dan keki setengah mati namun gua berusaha memahami love line antar tokoh terlebih untuk Jung Hwan yang merupakan tokoh protagonis di drama ini. 

Kenapa gua bilang Jung Hwan adalah protagonisnya? kenapa bukan Deok Sun? Karna menurut gua walaupun Deok Sun dan Teak adalah pemeran utama dan main couple, tapi entah kenapa menurut gua drama ini dilihat dari sudut pandang Jung Hwan yang mana seolah-olah Jung Hwan sedang menceritakan pengalamannya ditahun 1988, tentang dirinya, sahabatnya, cinta pertamanya dan cinta pada sahabatnya.

Bingung? Jadi gini menurut gua, ditahun 1988 adalah sudut pandang dari Jung Hwan sedangkan ditahun 2015 adalah sudut pandang Deok Sun, paham kan? Beda tahun beda sudut pandang intinya. 

Kenapa gua bisa bilang begitu? Karna ditahun 1988, drama ini lebih fokus menjabarkan pada perasaan Jung Hwan, dibeberapa scene terlihat kamera jauh lebih fokus pada mimik wajah Jung Hwan ketimbang Deok Sun atau Teak. 

Kalo kalian nonton episode awal-awal, kalian akan paham kenapa gua bilang tahun 1988 berasal dari sudut pandang Jung Hwan. Dan Jung Hwan berhasil menjadi karakter yang berhasil memikat hati dengan sifatnya yang dingin namun hangat. 

Dan mari kita bahas tentang perjalan cinta antar tokoh, drama ini menurut gua merepresentasikan tentang cinta pertama. Cinta pertama yang akan selalu dikenang dengan manis, asam atau pahit sekalipun. Yap, kita memang selalu punya cerita sendiri mengenai cinta pertama bukan?. 

Untuk Sun Woo dan Bora, cinta pertama adalah cinta yang tak bisa dilupakan, penuh perjuangan, kepercayaan dan perhatian. Diantara ketiga pasangan yang ada, hanya pasangan ini yang ga gua duga sebelumnya. 

Untuk Deok Sun dan Teak, cinta pertama adalah manis, polos, menyenangkan dan kebahagiaan, dimana kamu bisa bersama dengan cinta pertamamu hingga akhir. 

Untuk Jung Hwan dan Deok Sun, cinta pertama adalah cinta diam-diam, perhatian, salah paham, patah hati diam-diam, dan memilih cinta pertama sebagai sebuah cinta yang hanya untuk dikenang. 

Gua harus jujur kalo gua sangat tertarik dengan Jung Hwan, dimana dia lebih memilih untuk melepaskan cinta pertamanya ketimbang harus bersaing dengan sahabatnya. Dan yang lebih menarik lagi kenapa ditahun 1988 mengambil sudut pandangan Jung Hwan ketimbang Teak yang merupakan suami Deok Sun?.

Inget pas gua bilang kalo drama ini ngebahas cinta pada sahabat? Jung Hwan dan Teak adalah sahabat sejak kecil dimana Teak adalah "adik kecil" yang sangat disayang oleh keempat tokoh utama kita, terlebih oleh Deok Sun dan Jung Hwan.

Makanya saat Teak mengatakan jika ia menyukai Deok Sun dihadapan ketiganya tokoh pria, Jung Hwan mulai berfikir apa yang akan ia pilih, sanggupkah ia merebut gadis yang dicintai oleh sahabatnya, disini ia harus memilih antara Deok Sun dan Teak. Apakah ia berani mempertaruhkan persahabatan yang sudah bertahun-tahun terjalin hanya karna ia dan Teak mencintai orang sama.

Gua sendiri memaknai Jung Hwan sebagai tokoh yang melepaskan cintanya bukan karna ia menyerah pada Deok Sun tapi karna ia mencintai Deok Sun dan Teak sama besarnya sehingga ia memilih mundur. Walaupun ia pada akhirnya menyatakan perasaannya pada Deok Sun tapi ia tetap memilih meninggalkan cinta pertamanya. Yang mana menurut gua miris mengingat ditahun 1988 adalah sudut pandang Jung Hwan.

Tapi gua ngerasa paham sama karakter Junghwan karna gua pun akan ngelakuin hal yang sama kalo sahabat gua jatuh cinta pada orang yang juga gua cintai, gua akan memilih mundur bukan karna gua ga mau saingan ama sahabat gua, tapi karna gua mencintai sahabat gua dan orang yang gua cintai sama besarnya.

Walaupun ada beberapa hal yang masih gua pertanyakan, misalnya kenapa drama ini di episode 18 fokus pada flash back tentang bagaimana Jung Hwan yang diam-diam memperhatikan Deoksun dengan cara manis, kenapa harus dia dan kenapa bukan Teak yang jelas-jelas adalah suami Deok Sun? Lalu kenapa Deok Sun tidak bisa melihat jika Jung Hwan menyukainya? atau hanya sekedar menjelaskan kenapa Deok Sun pada akhirnya memilih Teak? Sedikit ga adil emang dan bikin patah hati. 

Namun kembali lagi pada Jung Hwan yang memang merepresentasikan cinta yang bertepuk sebelah tangan, cinta bahkan ga berharap untuk dibalas, lebih menghargai persahabatan yang udah terjalin sejak kecil, dan bagaimana lo melepaskan orang yang lo cintai bukan karna lo menyerah tapi karna lo bener-bener mencintainya. 

 Menurut gua drama ini akan mengingatkan lo pada cinta pertama lo yang manis, asam bahkan pahit. Selan itu drama ini juga akan ngebuat lo tersenyum bahkan menangis terharu, karna drama ini ngebahas cinta pada keluarga dan nuansa persahabatan yang solid. Gua cukup suka dengan alur cerita yang menarik seperti yang Reply 1988 berikan walaupun jujur gua patah hati sama akhir drama ini.

Rating Drama: 4/5. "orang yang jatuh cinta diam-diam, ia akan memperhatikan diam-diam dan patah hati diam-diam"-Raditya Dika.


7 komentar:

  1. Wah setuju banget deh Mbak. Melalui tokoh Jung Hwan ini, penulisnya coba ngasih gambaran ke penonton bahwa cinta pertama gak selamanya jadi cinta yg bisa dimiliki sampai akhir. Walau iya masih ada pertanyaan-pertanyaan yg tidak terjwb sampai drama ini tamat sekalipun. Drama ini Oke banget ya Mbak :) btw saya juga salah satu korban yg kesemsem sama tokoh Jung Hwan XD salam kenal Mbak ��☺����

    BalasHapus
  2. Iyaa aku juga patah hati banget pas liat ending nya jujur aja aku mash bingung kenapa bukan jung hwan hiks hiiks, ya salam kenal juga ya

    BalasHapus
  3. Salam kenal mbak...drama ini bnr2 kereeeen...penulis sangat jenius membuat drama yg bnr2 menyentuh hati dan akhirnya membuat penonton susah move on..eike korban yg susah move on dr drama ini wkwkwkkw...tp klo aku bnr2 bahagia melihat doek sun bersama taek (maaf utk pengemar jung hwa hihihi)..krn taek disini sangat membutuhkan doek sun..ada adegan dimana taek bilang ke sun woo bahwa dia akan mati jika doek sun tidak bersamanya, taek hampir menyerah utk cintanya kedoek sun krn persahabatannya dng jung hwa sampai taek menggagalkan pernyataan cintanya utk doek sun ditahun 1989..walau pada akhirnya ditahun 1994 ketika mrk sudah sama2 dewasa taek sangat menyadari bahwa dia bnr2 tdk bisa kehilangan doek sun dan akhirnya berjuang lg sampai menemui jung hwa di samchon..omg aku bnr2 jatuh cinta dengan sitampan taek...hahahhaha. Siapun suami doek sun pada perinsipnya drama reply 1988 bnr2 drama yang sangat indah dan menyenangkan utk ditonton..menurut ku drama ini adalah drama yg terbaik utk drama tahun 2015. Bravo drama reply 1988.

    BalasHapus
  4. Salam kenal mbak...drama ini bnr2 kereeeen...penulis sangat jenius membuat drama yg bnr2 menyentuh hati dan akhirnya membuat penonton susah move on..eike korban yg susah move on dr drama ini wkwkwkkw...tp klo aku bnr2 bahagia melihat doek sun bersama taek (maaf utk pengemar jung hwa hihihi)..krn taek disini sangat membutuhkan doek sun..ada adegan dimana taek bilang ke sun woo bahwa dia akan mati jika doek sun tidak bersamanya, taek hampir menyerah utk cintanya kedoek sun krn persahabatannya dng jung hwa sampai taek menggagalkan pernyataan cintanya utk doek sun ditahun 1989..walau pada akhirnya ditahun 1994 ketika mrk sudah sama2 dewasa taek sangat menyadari bahwa dia bnr2 tdk bisa kehilangan doek sun dan akhirnya berjuang lg sampai menemui jung hwa di samchon..omg aku bnr2 jatuh cinta dengan sitampan taek...hahahhaha. Siapun suami doek sun pada perinsipnya drama reply 1988 bnr2 drama yang sangat indah dan menyenangkan utk ditonton..menurut ku drama ini adalah drama yg terbaik utk drama tahun 2015. Bravo drama reply 1988.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kekeluargannya dapeet banget menurut ku drama ini lebih ke keluarga dan persahabatan ketimbang cinta... drama ini bener-bener bisa bikin emosi, ketawa sendiri dan nangis sendirian huhuhu

      Hapus
  5. nonton ini buat baper, park bogum sama hyeri aktingnya bagus banget disini


    perawatan wajah pria

    BalasHapus
  6. ini drama terdaebak sih menurut aku, masih nyesek klo inget drama ini. smua acting nya keren, dan "rasa" 80-90an nya kerasa real bnget, klo yg lahir tahun 80an pasti ngerti banget deh. aku jg nyesek sih liat jung hwan, karakternya kuat banget.
    trus aku msh ke inget lagu2 yg di tonton deok sun n keluarga pas acara musik di tv itu. btw ada yg tau ga ya judul lagunya apa, yg nyanyi band gtu, pake baju putih. sumpah kepikiran sma sma itu lagu, dan nyari2 ga ketemu2 hikss.. klo ada yg tau info yaaa

    BalasHapus