Rabu, 03 Februari 2016

the 5th Wave (2016) Movie Review


Hello Februari!

Sebenernya gua dah nonton film ini sekitar 2 minggu yang lalu bersama teman lama tapi kenapa baru sekarang gua review? Gua kehilangan mood untuk menulis beberapa waktu belakangan ini jadi gua memutuskan untuk menunda mereview film ini. 

Ada yang udah nonton film the 5th Wave ini? film ini diangkat berdasarkan judul novel yang sama dan dikarang oleh Rick Yancey. Novel ini terdiri dari tiga buku, the 5th Wave adalah seri pertama yang diterbitkan tahun 2013, seri kedua berjudul The Infinite Sea diterbitkan pada tahun 2014 dan seri ketiga berjudul The Last Star yang akan dikeluarkan ditahun ini.   

5th-Wave poster.jpg 


"the 5th Wive menceritakan tentang perjuangan seorang gadis remaja berusi 16 Tahun bernama Cassie Sullivan (Chloe Graze Moretz)   yang berusaha menyelamatkan adiknya Sammy (Zackary Arthur) akibat gelombang kelima yang dihempaskan oleh "the Others". 

Sebelumnya, Cassie adalah seorang gadis remaja normal lainnya yang menyukai Ben Parish (Nick Robinson) namun semua berubah saat sebuah pesawat luar angkasa yang tidak dikenal memasuki bumi. "The Others" adalah sebutan bagi para mahluk yang ada dipesawat tersebut.  

Namun, "the Others" memiliki tujuan untuk menguasai bumi karnanya mereka meluncurkan lima gelombang serangan untuk menghancurkan populasi manusia dibumi,gelombang pertama mereka mematikan seluruh sumber daya listrik yang ada dibumi, gelombang kedua adalah tsunami yang meluluh lantakkan, gelombang ketiga yaitu sebuah penyakit berbahaya yang disebar luaskan oleh burung, gelombang keempat adalah para "the Others" turun kebumi dan menyamar sebagai manusia. 

Setelah keempat gelombang yang berhasil memuluh lantakkan bumi, Cassie mencoba bertahan dan mencari tahu seperti apa gelombang kelima yang merupakan gelombang terakhir sembari mencoba mencari adiknya dibawa ke angkatan darat. Ditengah perjalanan ia bertemu dengan Evan Walker (Alex Roe) yang kemudian menyukai Cassie. 

Sedang ditempat tentara, Ben dan adiknya yang merupakan teman satu tim dilatih untuk membunuh "the Others" bersama anggota tim yang lainnya sebelum menyadari jika ada yang salah dengan para tentara, kemudia memberontak. Cassie, Ben, Sam, Evan dan anggota tim yang lain kemudian mencoba bertahan melewati tentara dan menyadari jika mereka sedang menghadapi gelombang kelima yang dilancarjan oleh "the Others"". 

Gua harus bilang gua kecewa ama film ini, menurut gua film ini kurang meyakinkan. Entah kenapa gua ngerasa film ini terlalu memaksakan point of view dari setiap karakter dan karakter Cassie yang seharusnya adalah karakter utama justru tertutup oleh karakter Ben dan Evan.FIlm ini memang bercerita dari sudut pandang Cassie pada awalnya namun ditengah film sudut pandang mulai berubah dan menjadi sudut pandang Ben. 

Rating film ini juga ga memuaskan hanya mendapatkan 5,6 di IMDb dan hanya mendapatkan 4,2 di Rotten Tomatoes. Karna gua belum baca novelnya dan gua ngerasa memang ga mudah mengadaptasi ratusan halaman novel kedalam film yang berdurasi 112 menit jadi gua sama sekali ga bisa membandingkan antara film dan novelnya. 

Film ini awalnya cukup menjanjikan dan terasa seperti menonton film Maze Runner atau Divergent tapi ketika dipertengahan film ini terasa kehilangan fokus beberapa adegan yang tidak perlu, detail cerita bahkan klimaks film ini cukup menyebalkan buat gua. The 5th Wave mungkin ingin membuat ending film yang menggantung seperti the Maze Runner tapi menurut gua mereka gagal membuat ending yang cemerlang. 

Gua cukup ragu jika the 5th Wave akan memiliki film kedua seperti novelnya karna film pertama yang tidak memuaskan. Kalo kalian ingin menonton film ini karna ingin terhibur silahkan tapi jika kalian penikmat film fantasi atau fiksi ilmiah gua ga akan merekomendasikan film ini. 

Rating film: 2/5


 

2 komentar: