Senin, 09 November 2015

Review The Last Witch Hunter


                                                        sumber gambar

Pertama kali liat trailer film ini dah cukup lama dan pas liat trailernya gua langsung bilang dalam hati "Gua harus nonton film ini!" alasan utamanya jelas ada om kece saya   Vin Diesel sebagai pemeran utama yang ngebuat film ini otomatis bergendre action dan fantasi. FYI, gua suka sama film gendre animasi, action, komedi, fantasi dan kurang suka sama film drama picisan yang memungkinkan untuk nangis kejer dibiokop, coy gua bayar buat nonton film untuk ngilangin baper gua bukannya malah dibikin tambah baper. Gua akan secara singkat ngejabarin sinopsis singkat dan baru abis itu kita review! 

"Kaulder (Vin Diesel) adalah seorang pemburu penyihir yang dikutuk oleh Queen Witch (Julie Engelbrecht) dengan kutukan kehidupan abadi sehingga Kaulder tidak bisa mati selamanya. The Queen Witch memiliki rencana untuk memusnakan manusia dengan mengirimkan wabah kematian yang mengakibatkan kematian istri dan anaknya akhirnya dikalahkan oleh Kaulder, namun sebelum kematiannya Queen Witch mengutuk Kaulder sehingga Kaulder tidak bisa mati dan merasakan kesepian yang berkepanjangan. 800 tahun berlalu dan eksistensi penyihir masih ada wlaupun ada hukum yang mengikat sehingga membuat Kaulder masih menjadi seorang pemburu penyihir yang ditakuti. Dibawah organisasi penyihir The Axe and Cross yang berusaha menjaga keamanan penyihir dan manusia biasa memiliki satu peraturan yaitu Penyihir tidak boleh menyerang manusia. 


Selama melakukan tugasnya, Kaulder ditemani oleh Pendeta yang dijuluki sebagai "Dolan". Tugas Dolan adalah menjaga rahasia Kaulder. Dolan ke 36 (Michael Caine) memutuskan untuk pensiun dan memilih Dolan selanjutnya untuk menjaga Kaulder. Namun sayangnya, dihari yang sama Dolan ke 36 tewas dalam tidurnya. Kaulder yang tidak percaya bahwa Dolan ke 36 bisa tewas dengan mudahnya memutuskan untuk menginvestigasi kamar Dolan ke 36 bersama Dolan ke 37 (Elijah Wood) yang kemudian keduanya menemukan fakta bahwa Dolah ke 36 diserang secara sihir. Kaulder kemudian menyadari bahwa sihir yang digunakan untuk menyerang Dolan ke 36 adalah Old Dark Magic dimana sihir ini sama dengan sihir Queen Witch. 

Kaulder kemudian mengikuti petunjuk yang berbunyi "Ingatlah Kematianmu" dimana petunjuk ini diberikan oleh Dolan ke 36 berakhir dengan kedatangan Kaulder disebuah bar prnyihir milik Chloe (Rose Lessie) untuk membeli mantra pengingat, namun saat Kaulder berada dalam pengaruh mantra Belial (Olafur Darri Olafsson) menyerangnya bukan hanya itu, Belial juga menyerang Chloe diapartemennya dan membunuh temannya. 

Satu per satu Kaulder berhasil memecahkan petunjuk yang diberikan oleh Dolan ke 36 dan terkuak rahasia besar yang selama ini disembunyikan oleh organisasi The Axe and Cross tentang kematian Queen Witch dan hubungannya dengan kehidupan abadi Kaulder. Selain itu Kaulder juga harus kembali bertarung dengan Queen Witch yang berhasil dihidupkan kembali oleh Belial namun kali ini Kaulder harus memilih siapakah diantara ia dan Queen Witch yang akan mati untuk selamanya." 

Pas awal-awal film ini dimulai jujur aja gua ngerasa cukup membosankan walaupun gua cukup terkejut mengetahui fakta bahwa Elijah Wood ikut main difilm ini. Sebenernya jalan cerita yang disajikan oleh The Last Witch Hunter ini cukup menarik bahkan film ini berhasil membangun suasana yang cukup menyeramkan. The Queen Witch  difilm ini emang sedikit menakutkan gua aja yang ngeliat cukup horor. 

Pencahayaan yang gelap dan tata artistik difilm ini cukup memberikan kesan yang kuat bahwa film ini cukup dark dan gore. Namun, gua harus bilang gua sedikit kecewa sama jalan cerita dan karakter di film ini. Gua harus bilang kalo karakter Kaulder terlalu kuat sehingga membuat karakter yang lain, Chloe dan Dolan ke 37 itu terkesan karakter "main-main" terlebih karakter Dolan 37, gua harus bilang kalo Elijah Wood aktingnya biasa aja difilm ini bahkan menurut gua kalo pun dia ga ada difilm ini ga akan ada pengaruhnya. Karakter Dolan ke 37 seperti karakter tempelan, entah karna proses editing film atau memang karakternya seperti itu sehingga membuat karakter Dolan ke 37 memiliki kesan ga jelas dan nanggung. 

Dolan ke 37 sebenernya diceritakan adalah seorang pengkhianat, karakter ini bakalan keren kalo dari awal dia kerja sama ama Belial lebih bagus kalo ternyata dia adalah bosnya Belial tapi difilm boro-boro begitu, karakternya bner-bener ga jelas! Kecewa berat gua!. Begitu juga dengan karakter Chloe, difilm ini diceritakan kalo dia adalah kunci buat nyelamatin dunia karna dia adalah seorang dream walker artinya doi bisa pergi kekenangan atau mimpi orang lain tanpa ramuan, tapi lagi-lagi gua harus kecewa sama dengan karakter Dolan, Chloe cuma kaya tempelan aja cuma karakter yang "kalo ada dia bagus kalo ga ada juga ga bakalan ngaruh banyak". 

Sedangkan karakter Kaulder adalah satu-satunya karakter yang berkembang difilm ini, atau mungkin film ini emang khusus film Vin Diesel jadi pemeran yang lain bener-bener pemeran pembantu. Karakter Kaulder berkembang dari yang awalnya sama sekali ga bisa move on dari 800 tahun yang lalu jadi bisa nerima kenyataan yang ada. Walaupun sekali lagi gua harus bilang kalo karakter difilm ini ga begitu bagus, yang mana artinya Vin Diesel kurang bisa mengebawa karakter yang kesepian dari seseorang yang bisa hidup selamanya tapi lambat laun Vin Diesel mulai bisa ngebawa karakter Kaulder. 

Buat kalian pencinta gendre fantasi kaya saya, kemungkinan besar kalian akan kecewa sama film ini karena menurut gua film ini lebih condong ke action Vin Diesel dengan sedikit banget unsur fantasi. Dan seperti film Vin Diesel yang lain film ini adalah film dimana kalian hanya bisa menonton menikmati film tanpa harus berfikir apa arti film ini. 

Tapi gua pengen OOT sebentar pengen kritis dikit aja seperti difilm  Queen Witch, selain Harry Potter film mana yang mengambil tema penyihir tapi sosok penyihirnya bukan perempuan? Ada ga sosok The King Witch atau penyihir laki-laki? ga ada ya? Bahkan di film Wald Disney pun sosok penyihir adalah seorang wanita, Cinderella, Sleeping Beauty, Snow White bahkan Frozeen (Elsa) adalah seorang wanita kenapa ya? 

Gua sih ambil sedikit dari berbagai macam sumber sih ya menurut kepercayaan Mesir Kuno sihir diturukan oleh Dewi Isis, Dewi Isis sendiri adalah adalah Dewi kesuburan, pengetahuan, pengobatan dan sihir. Diceritakan bahwa Dewi Isis sering datang kebumi untuk mengajarkan banyak hal, sihir adalah salah satunya. Dewi Isis mendapatkan kekuatan sihir setelah ia berhasil mengalahkan ayahnya Dewa Ra dengan cara mengirim ular kobra untuk mengigit ayahnya, dan agar Dewa Ra bisa selamat ia harus memberitahu rahasia sihir pada Isis. 

Menurut kepercayaan Mesir Kuno, hampir semua murid yang diajarkan sihir oleh Isis adalah wanita, sedangkan sihir Isis yang paling terkenal adalah "Simpul Isis". Dan sebagai catatan semua penyihir yang menggunakan Simpul Isis sebagai medium sihirnya adalah wanita bahkan semua pendeta yang mewariskan semua ajaran Dewi Isis adalah wanita. Kalo ga percaya coba deh kalian yang muslim buka surat Al-Falaq disana dijelaskan kok

Well, kalo menurut gua pada akhirnya film The Last Witch Hunter memiliki pesan untuk berjuang walaupun lo dah dikhianatin oleh orang yang lo percayai, lo juga harus bisa move forward ketika lo kehilangan sesuatu walaupun sulit dilakukan tapi lo harus bisa ngelanjutin hidup lo dengan atau tanpa sesuatu tersebut. 

Rating film: 3/5



4 komentar:

  1. cowo gak sihir? ada nya real life satrio piningit dan karomah orang soleh melawan sihir.

    sihir vs karomah

    pemenang = karomah :D huahahahaha

    BalasHapus
  2. Hahaha wah kalo real life mah horor banget kayanya

    BalasHapus
  3. reviewnya bagus banget enak buat dibaca keep posting kak

    tanda tanda sakit jantung

    BalasHapus
  4. Hmm coba cek trailernya ah :-) Trims yak ...
    merk vitamin b kompleks

    BalasHapus