Kamis, 17 Desember 2015

Pan (2015) Movie Review

"Welcome to Neverland"- Peter Pan.

Kalian pasti pernah denger dongeng seorang anak kecil yang tidak pernah tumbuh dewasa dan berasal dari Naverland bukan? Yap, Peter Pan! Kali ini gua akan bahas film yang terinspirasi dari dongeng Peter Pan. Film ini ada dari bulan Oktober dan gua baru sempet nonton (songong), oke gua baru sempet nonton karna rating di IMDb cuma sekitar 6,0 yang mana ngebuat gua cukup ragu sama film ini. 

Pan 2015 poster.jpg 


"Pan menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Peter (Levi Miller)  yang ditinggalkan oleh ibunya (Amanda Seyfried) disebuah panti asuhan khusus anak laki-laki. Beberapa tahun kemudian, selama perang dunia kedua makanan merupakan salah satu yang susah dicari, namun kepala suster menimbun makanan untuk dirinya sendiri sehingga Peter dan temannya yang bernama Nibs merencanakan untuk pergi ke kantor Kepala Suster. 


Sesampainya disana, Peter dan Nibs selain berhasil menemukan makanan yang ditimbun oleh Kepala Suster, Peter mendapatkan surat dari ibunya. Disaat malam hari, tiba-tiba muncul bajak laut yang menculik anak-anak dimalam hari untuk dibawa ke kapal mereka. Peter dan Nibs tertangkap oleh bajak laut namun Nibs berhasil lolos dengan cara melompat keatap, namun Peter yang tertangkap kemudian dibawa oleh bajak laut ke Neverland, sebuah tempat yang menembus ruang dan waktu. 


Sesampainya di Neverland, Peter dibawa kesebuah penambangan untuk mencari debu peri yang gunakan oleh Kapten Blackbeard (Hugh Jackman) agar sang Kapten bisa terus awet muda dan hidup selamanya. Dipenambangan, Peter bertemu dengan James Hook (Garret Hedlund) dan Smee (Adeel Akhtar) yang kemudian ketiganya merencanakan untuk melarikan diri dari penambangan dan para bajak laut. 


Ketiganya kemudian terdampar dihutan Neverland dan Peter berusaha untuk mencari ibunya di Neverland karena ia yakin bahwa ibunya berada disini. Ketiganya kemudian mencari suku asli Neverland untuk mendapatkan pertunjuk dimana ibu Peter berada namun sayang, suku asli Neverland menganggap ketiganya sebagai bajak laut dan berusaha membunuh mereka. 

Sampai akhirnya Kepala Suku menemukan kalung yang selama ini berada dileher Peter, yang ternyata kalung tersebut merupakan bukti bahwa Peter adalah keturunan Pan, pahlawan yang ditunggu-tunggu oleh Suku Neverland. Namun, Smee berkhianat dan memberitahu dimana Peter dan letak kerajaan Peri Neverland pada Blackbeard sehingga para bajak laut kemudian menyerang Suku asli Neverland. 

Bersama dengan Hook dan Tiger Lily (Rooney Mara), ketiganya kemudian melarikan diri dan berusaha untuk pergi kekerajaan peri sebelum bajak laut menyerang kerjaan peri terlebih dahulu. Peter yang diramalkan adalah seorang anak yang akan mengalahkan para bajak laut berusaha mencari jati diri yang sebenarnya, siapa kedua orang tuanya dan hubungannya dengan Naverland." 

Gua tadinya berfikir rating di IMDb yang kecil bukan berarti filmnya jelek atau ga bagus tapi setelah nonton filmnya, gua harus setuju dengan rating IMDb keluarkan untuk film ini. Sebenernya film ini cukup bagus, jalan cerita yang disuguhkan berbeda jauh dengan dongeng yang selama ini kita tahu, bahkan Pan disebut-sebut sebagai Prakuel Peter Pan yang dibuat pada tahun 1904.

Gua harus memuji Joe Wright yang berusaha membuat Peter Pan dari sudut pandang yang berbeda dengan mengusung "Experience the untold story of the timeless legend", tapi menurut gua film Pan sendiri bukan spin-off atau prakuel karna menurut gua Pan adalah sebuah film yang mengisahkan Peter Pan dari sudut pandang yang berbeda seolah Joe Wright berusaha untuk membuat ulang dongen Peter Pan. 

Tapi menurut gua, film ini masih jauh dari kata "bagus". Jalan cerita yang menurut gua nanggung, chemistry antar tokoh yang menurut gua masih canggung, karakter tokoh yang masih mentah ngebuat gua harus berfikir ulang bahwa Pan berhasil melampaui fil Peter Pan sebelumnya. Film ini bahkan ga menyamai ekspektasi pertama gua, gua pikir gua akan berfikir "wow" saat melihat Neverland atau pertualangan Peter di film ini, namun gua harus kecewa. Pan sama sekali tidak mengeksplor Neverland, bahkan pertualangan Peter difilm ini hanya "just so-so" yang ngebuat gua cukup kecewa. 

Inti dari film Pan adalah mempercayai dirimu sendiri. Jika kamu ga percaya sama dirimu sendiri maka orang lain juga tidak akan mempercayaimu. Selain mempercayai dirimu sendiri, kamu harus mengenal dirimu sendiri. Siapa kamu adalah apa yang kamu pilih. 

Rating Film: 3/5. "If you don't believe Peter, then neither will they"- Tiger Lily.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar